Senin, 14 Desember 2015

PERILAKU KONSUMEN

Perilaku konsumen menurut shiffman dan kanuk (2000) adalah “consumer behavior can be defined as the behavior that customer display in searchimh for, purchasing, using, evaluating, and disposing of product, services, and ideas they except will satisfy they needs”.Pengertian tersebut berarti perilaku yang di perhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang di harapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhanya dengan mengkonsumsi produk dan jasa.

Perilaku konsumen juga tidak lepas dari bagimana kepribadian konsumen itu sendiri baik dalam merencanakn membeli suatu produk ataupun di saat berhadapan dengan produk yangakan di belinya. 
Pada dasarnya kepribadian dapat di jelaskan sebagai karakterstik psikologis yang menentukan dan menggambarkan bagaimana seseorang merespon lingkungannya. Walaupun kepribadian cenderung konsisten dan bertahan lama, tetapidapat berubah dengan tiba-tiba sebagai respon terhadap berbagai peristiwa hidup yang utama maupun secara berangsur angsur dari waktu ke waktu. 
  
Menganalisis perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apabila kita dapat memahami aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan. Setiap individu memiliki citra diri yang di rasakan sebagai salah satu orang tertentu seperti sifat-sifat, kebiasaan, pemilikan barang, hubungan dan cara berprilaku tertentu. Para konsumen sering berusaha memelihara, meningkatkan,atau memperluas citra diri.
  
Kemampuan dalam menganalisis perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyelami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhanya. Dengan demikian berarti pula keberhasilan pengusaha, ahli pemasaran, pimpinan took, dan lain-lain dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan kepada konsumen dan diri pribadinya.


PERILAKU KONSUMEN MENURUT PARA AHLI LAINYA

Adapun pengertian dari perilaku konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk atau jasa mereka. Focus perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang.
 
a.       James F. Engel
Perilaku konsumen di definisikan sebagai tindakan-tindakan individu secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang dan jasa ekonomi termasuk pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut (1988:8)
b.      David L. Loundon
Perilaku konsumen di definisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa.

c.       Gerald Zaltman
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainya sebagai suatu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan sumber-sumber lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar