Senin, 14 Desember 2015

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KOSNSUMEN


1.      Pengaruh lingkungan
Terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
2.      Perbedaan dan pengaruh individu
Terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupakan faktor internal yang menggerakan serta mempengaruhi perilaku konsumen.
3.      Proses psikologi
Terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

  PROSES PENGAMBIL KEPUTUSAN KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELIAN

Proses sederhana pengambilan keputusan melalui tiga tahap yaitu:        

1. Input adalah proses pertama dari konsumen, berikut adalah unsur-unsurnya:
  • Usaha pemasaran perusahaan: produk, promosi, harga, saluran distribusi.   
  •  Lingkungan sosial budaya: keluarga, sumber informasi, sumber nonkomersial, sumber sosial,  subbudaya dan budaya
2. Proses terdiri dari tiga komponen yang saling berkaitan:


  •  Faktor psikologis: Motivasi, persepsi pengetahuan, kepribadian, dan sikap.
  •  Pengenalan kebutuhan, penyelidikan pembelian, evaluasi terhadap kebutuhan
  •  Pengalaman dalam prakteknya, bias berasal dari output dan mempengaruhi faktor psikilogis dalam proses.
3. Output merupakan pembelian yang di putuskan, evaluasi setelah pembelian. Ini akan menjadi kontribusi pentinh dalam unsure pengalaman di tahap proses, yang pada akhirnya akan mempengaruhi faktor psikologis dalam proses pengambilan keputusan berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar