1. Pengaruh
lingkungan
Terdiri
dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku
konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat
individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka.
2. Perbedaan
dan pengaruh individu
Terdiri
dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup,
dan demografi. Perbedaan individu merupakan faktor internal yang menggerakan
serta mempengaruhi perilaku konsumen.
3. Proses
psikologi
Terdiri
dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga
faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor
yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
PROSES
PENGAMBIL KEPUTUSAN KONSUMEN DAN PERILAKU
PEMBELIAN
1. Input
adalah proses pertama dari konsumen, berikut adalah unsur-unsurnya:
- Usaha pemasaran perusahaan: produk, promosi, harga, saluran distribusi.
- Lingkungan sosial budaya: keluarga, sumber informasi, sumber nonkomersial, sumber sosial, subbudaya dan budaya
- Faktor psikologis: Motivasi, persepsi pengetahuan, kepribadian, dan sikap.
- Pengenalan kebutuhan, penyelidikan pembelian, evaluasi terhadap kebutuhan
- Pengalaman dalam prakteknya, bias berasal dari output dan mempengaruhi faktor psikilogis dalam proses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar