Sabtu, 19 Desember 2015

CONTOH KASUS DALAM MANAJEMEN BERDASARKAN AKTIVITAS


                                                                       CONTOH KASUS 1
 
1.      Tim Ireland, pengontrol di robberts electronic division sedang makan siang dengan Jimmy Jones, kepala bagian tekni desain. Tim dan Jimmy adalahsahabat karib, dan menjadi anggota perkumpulan yang sama ketika mereka masih kuliah. Akan tetapi, makan siang tersebut lebih kepada urusan bisnis dari pada untuk bersantai.
Jimmy; Tim, tadi pagi kamu mengatakan ada hal penting yang ingin kamusampaikan kepadaku. Aku harap hal iu tdak terlalu serius. Aku tidak ingin secara hari mingguku terganggu.
Tim: masalah ini penting. Kamu tahu bahwa aku di beri tugas pada awal tahun ini untuk memperkirakan biaya paca pembelian untuk produk baru tersebut. Hal-hal seperti umur yang di harapkan pada komponone tersebut.
Jimmy: ya aku tau itu. Oleh sebab itu, aku sudah minta departemen ku untuk menyediakan spesifikasi teknik kepadamu mengenai produk baru tersebut. Hal-hal seperti umur yang di harapkan dari komponen produk.
Tim: produk baru yang sedang kamu kembangkan ternyata bermasalah. Menurut laporan mu, ada dua komponen yang harus di anti setelah 14 bulan. Menurut hasil pengujianmu, produk inimulai menghasilkan kinerja di bawah standar pada bulan ke 13.
Jimmy: cukup lama untuk membuat kita melewati masa garansi 12 bulan. Jadi, mengapa harus khawatir? Tak ada biaya garansi yang harus kita tanggung
Tim: ya tapi pelanggan kemudian harus membayar perbaikan yang besar. Produk tersebut harus di perbaiki lagi sebelum masa hidupnya berakhir. Jika di tambahkan dengan biaya daur hidup normal, perkiraan biaya perbaikan membuat biaya keseluruhan produk di atas biaya sasaran. Menurut garis petunjuk yang baru, kita harus menghentkan produksi produk baru tersebut atau menghentikan desainya yang sekarang. Kamu mungkin bias menemukan desain yang baru untuk menghindari penggunaan dua komponen tersebut atau menemukan cara agar kedua komponen tersebut tidak terlalu tertekan sehingga bias tahan lebih lama.
Jimmy: dengar Tim aku tidak punya banyak waktu dan anggaran untuk mendesain ulang produk tersebut. Aku harus tetap di bawah anggran dan memenuhi sasaran waktu produksi, atau manajer divisi akan sangat marah kepadaku. Selain itu, kamu tahu aku sedang dalam proses naik ke manajemen teknik di kantor pusat. Jika proyek ini berjalan dengan baik, maka aku akan di pandang lebih unggul daripada pesaingku. Kalau aku melakukan desain ulang, peluangku untuk mendapatkan posisi itu akan hilang. Dalam hal imi, tolong bantu aku! Kamu kan tahu seberapa besar arti peluang ini bagiku.
Tim: aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan, aku harus membuat laporan biaya keseluruhan hidup produk tersebut, dan aku minta menyediakan dokumntasi pendukung dari pemasaran dan teknik.
Jimmy: oh, itu mudah di atasi. Linda, teknisi yang menjalankan pengujian atas produk ini, berutang budi kepadaku. Aku akan meminta dia untuk mengulangi pengujian agar datanya menunjukan periode  kendalaan dari produk tersebut selama 24 bulan. Hal ini tentu akan memotong perkiraan biaya perbaikan hingga separuh. Apakah itu cukup untuk memenuhi sasaran dari biaya keseluruhan hidup?
Tim: ya, tapi……
Jimmy: hei, jangan khawatir. Kalau aku menyampaikan kepada Linda bahwa aku akan mempromosiknya kepada posisi divisi teknik, dia akan pasti bekerja disana. Tidak sulit kok, dan hanya sekali ini, bagaimana? Apakah kamu mau ikut bermain?
DIMINTA
1.      Tekanan apa yang di hadapi Tim untuk menyetujui permainan Jimmy? Menurut anda, haruskah dia setuju? Jika anda adala Tim, apakah anda akan setuju? Jika tidk, bagaimana cara anada mengatasi situasi ini?
2.      Asumsikan Tim bekerja sama dengan Jimmy dan menutupi difesiensi desain. Dari perilaku etis manajemen akuntan, standar apa yang di langgar?
3.      Misalkan, Tim menolak bekerja sama. Namun Jimmy tetap meminta Linda untuk mengulang pengujian serta mebeuat hasil yang baru dan lebih optimis. Kemudian, Jimmy menemui Tim dan menyampaikan dia mengirim hasi terbaru kepada manajer divisi. Jimmy mengatakan akan menenantang semua rekomendasi desain ulang yang akan di rekomendasikan Tim.apa yang sebaiknya di lakukan Tim?
JAWABAN
1.      Jimmy telah menyelesaikan perkembangan produkbaru dan telah mengeluarkan anggaran akan itu dan waktu sasaran selain itu Jimmy dalam proses naik posisi, sebagai seoang sahabat karib, Tim tentu saja ingin sahabatnya mendapatkan yang terbaik.
Akan tetapi, Tim tidak harusmenyetujui desain produk tersebut karena telahterdapat keganjalan dalam umur produk yang akhirnya jika di pasarkan akan merugikan konsumen dan menurunkan nilai perusahaan.
Sebaiknya Tim tidak melakukan pelangaran etis yang di tawarkan Jimmy dan tetap patuh kepada kode etik profesi dan kebijakan yang di buat perusahaan. Tim sebainya mengkomunikasikan masalah tersebut keapada pihak berwenang atau yang terlibat.
2.      Kode etik IMA yang di langgar adalah
a.       Kompetensi, dimana seorang akuntan manajemen harus melaksanakan tugas-tugas professional mereka sesuai dengan hukum, peraturan, dan standar teknis yang relevan
b.      Integritas, adanya aktivitas yang dapat menimbulkan keraguan terhadap kemampuan untuk melakukan tugasnya secara etis.
3.      Klarifikasikan masalah etika yang relevan dengan melakukan diskusi tertutup dengan konselor etika IMA/penasihat terkait lainya untuk mendapatkan tindakan apa yangdapat di lakukan.

CONTOH KASUS 2 

   John Thomas, wakil direktur mallet company (produsen produk plastic), sedang mengawasi implementasi sitem manajemen biaya berdasarkan aktivitas. Salah satu tujuan John adalah memperbaiki efesiensi proes dengan memperbaiki aktivitas yang mendifinisikan proses-proses tersebut. Untuk mengilustrasikan potensi dari system yang baru kepada direktur utama, John telah memfokuskan untuk berfokus pada pada dua proses: produksi dan layanan pelanggan.
Dalam setiap proses, satu aktivitas akan dipilih untuk perbaikan: penggunaan bahan baku untuk produksi dan teknisi khusus untuk layanan pelanggan. (teknisi khusus bertanggung jawab mendesain ulang produk berdasarkan kebutuhan dan balikan dari para pelanggan). Standar bernilai-bertambah di identifikasi untuk setiap aktivitas. Untuk penggunaan bahan baku, standar bernilai tambah adalah 6 poin per unit dari output. (meskipun produk plastic berbeda dengan bentuk dan fungsi aslinya, ukuranya-yang dinyatakan dalam beratnya-adalah sama) standar bernilai-tambah di dasari atas oleh semua eliminasi dari semua pemborosan dari produk cacat. Harga standar dari bahan baku adalah $5 per poin. Untuk teknisi khusu standarnaya adalah 58% dari kapasitas aktivitas praktik saat ini. Standar ini di dasari bahwa sekitar 42% keluhan berkaitan dengan fitur desain yang bias di hindari atau antisipasi perushahaan.
Saat in, kapasitas praktis akhir (2008) di definisikan oleh ketentuan: 6.000 jam teknisi untuk setiap kelompo produk yang sudah ada di pasar atau dalam pengembangan secara 5 tahun atau kurang dan 2.400 jam per kelompok produk yang lebih dari 5 tahun. 4 kelompok produk masih kurangdari 5 tahun dan 10 kelompok telah lebih dari 5 tahun. Teknisi berjumlah 24 orang. Setiap teknisi di gaji $60.000. setiap teknisi bisa menyediakan 2.000 jam layanan per tahun. Tidak ada biaya laian yang signifikan dari aktivitas teknisi.
Penggunaan bahan bakuaktual untuk tahun 2008 adalah 25% di atas ketentuan dari standar bernilai-tambah; penggunaan teknisi adalah 46.000 jam. Total 80.000 unit di produksi. John dan manajer operasional telah memilih beberapa ukuran perbaikan yang menjanjikan untuk mengurangi penggunaan aktivitas yang tak bernilai tambah sebesar 40% pada tahun 2008, berikut beberapa hasil actual yang di capai untuk tahun 2009.
Jumlah unit yang di produksi 80.000
Bahan baku yang di gunakan 584.800
Jam teknisi 35.400
            Harga aktual yang di bayar untuk bahan baku dan jam teknisi adalah sama pada harga standar yang di anggarkan.


DIMINTA
1.      Untuk tahun 2008, hitunglah biaya dan penggunaan yangtak bernilai-tambah untuk untuk penggunaan bahan baku dan eknisi khusus! Hitunglah juga biaya dari aktivasi yang tidak di gunakan untuk aktivasi teknisi!
2.      Dengan menggunakan sasaran pengurangan, tetapkan standar kaizen untuk bahan baku dan teknisi (untuk 2009)!
3.      Dengan menggunakan standar kaizen yang di buat dalam pemerintahan 2, hitunglah variasi penggunaan 2009 yang di nyatakan dalam ukuran fisik dan keuangan untuk bahan baku dan teknisi (untuk teknisi, bandikan sumber daya aktual dengan standar kaizen)! Berikan pendapat anda mengenai kemampuan perusahaan untuk mencapai sasran pengurangan!serta cara khusus diskusikan ukuran-ukuran yang harus digunakan perusahaan untuk mengetahui penguangan yang terrealisasikan dalam penggunaan sumber daya!

JAWABAN
1.      Kuartal pertama: waktu setup standar =8 jam (berdasarkan im-direncanakan perbaikan: 12 jam- 4 jam mengurangi waktu)
Kuarta kedua: waktu pengaturan standar = 4 jam (berdasarkan jam-di rencanakan perbaikan: 9 jam – 5 jam)
2.      Kaizen subcycle
·         Rencana (pengurangan 4 jam dari proses desain ulang)
·         Lakukan (train dan kemudian menerapkan prosedur)
·         Periksa (waktu aktual yang di butuhkan adalah 3 jam,pengurangan adalah 6 jam)
·         Undang-undang (kunci dalam perbaikan dengan menetapkan standar 3 jam dan memulai pencarian untuk perbaikan baru)


3.      Pemeliharaan subcycle
Kuartal pertama:
·         Menetapkan standar (9jam berdasarkan peningkatan proses desain)
·         Jangan (melaksanakan berulang di tingkatkan standar)
·         Periksa (lihat jika waktu 9 jam di pertahankan)
·         Undang-undang (jika waktu 9 jam memburuk, cari tahu mengapa dan mengambil tindakan korektif untuk mengembalikan ke 9 jam)
Kuartal kedua
Siklus yang sama menggunakan 3 jam sebagai standar baru untuk mempertahankan.
Catatan: siklus perawatan di mulai setelah mengamati peningkatan yang sebenarnya. Perbaikan yang sebenarnya terkunci dalam.
            Disimpulkan:
            Biaya nonvalue tambah di selamatkan (di hilangkan): $300 x 6 jam tabungan = $ 1.800 per set up. Kazien costing berkaitan dengan meningkatkan kinerja kegiatan dan menggunakan akar penyebab untuk membantu mengidentifikasi inisiatif untuk perbaikan. Dengan demikian kaizen adalah alat atau sarana untuk mengimplementasikan konsep ABM.
Kaizen costing menekankan terus mencari proses perbaikan dengan perubahan standar dengan setiap perbaikan. Pencarian ini melibatkan semua karyawan (misalnya, insinyur dan pekerja produksi). Dengan demiian kaizen biaya fokus pada proses dang menggunakan standar yang dinamis. Yang merupakan karakteristik kegiatan yang berbasis akuntansi pertanggungjawaban. Standar costing hanya hanya menggunakan subcycle pemeliharaan. Standar yang di tetapkan dan di pelihara mereka statis di dalam dan dengan demikian konsisten dengan akuntansi pertanggungjawaban berbasis keuangan.

1 komentar: