Perilaku
konsumen menurut shiffman dan kanuk (2000) adalah “consumer behavior can be defined as the behavior that customer display
in searchimh for, purchasing, using, evaluating, and disposing of product,
services, and ideas they except will satisfy they needs”.Pengertian
tersebut berarti perilaku yang di perhatikan konsumen dalam mencari, membeli,
menggunakan, mengevaluasi, dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang di
harapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhanya dengan
mengkonsumsi produk dan jasa.
Perilaku
konsumen juga tidak lepas dari bagimana kepribadian konsumen itu sendiri baik
dalam merencanakn membeli suatu produk ataupun di saat berhadapan dengan produk
yangakan di belinya.
Pada
dasarnya kepribadian dapat di jelaskan sebagai karakterstik psikologis yang
menentukan dan menggambarkan bagaimana seseorang merespon lingkungannya.
Walaupun kepribadian cenderung konsisten dan bertahan lama, tetapidapat berubah
dengan tiba-tiba sebagai respon terhadap berbagai peristiwa hidup yang utama
maupun secara berangsur angsur dari waktu ke waktu.
Menganalisis
perilaku konsumen akan lebih mendalam dan berhasil apabila kita dapat memahami
aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan. Setiap individu memiliki
citra diri yang di rasakan sebagai salah satu orang tertentu seperti
sifat-sifat, kebiasaan, pemilikan barang, hubungan dan cara berprilaku
tertentu. Para konsumen sering berusaha memelihara, meningkatkan,atau
memperluas citra diri.
Kemampuan
dalam menganalisis perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyelami jiwa
konsumen dalam memenuhi kebutuhanya. Dengan demikian berarti pula keberhasilan
pengusaha, ahli pemasaran, pimpinan took, dan lain-lain dalam memasarkan suatu
produk yang membawa kepuasan kepada konsumen dan diri pribadinya.
PERILAKU
KONSUMEN MENURUT PARA AHLI LAINYA
Adapun pengertian dari perilaku
konsumen, yaitu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat
mengilustrasikan untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu
produk atau jasa mereka. Focus perilaku konsumen adalah bagaimana individu
membuat keputusan untuk mengkonsumsi suatu barang.
a. James
F. Engel
Perilaku konsumen
di definisikan sebagai tindakan-tindakan individu secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang dan jasa ekonomi termasuk
pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut
(1988:8)
b. David
L. Loundon
Perilaku
konsumen di definisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh,
menggunakan atau dapat mempergunakan barang-barang atau jasa.
c. Gerald
Zaltman
Perilaku konsumen
adalah tindakan-tindakan, proses dan hubungan sosial yang di lakukan oleh
individu, kelompok dan organisasi dan mendapatkan, menggunakan suatu produk
atau lainya sebagai suatu akibat dari pengalaman dengan produk, pelayanan dan
sumber-sumber lainya.